-->

6 Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Keshatan

6 Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Keshatan
6 Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Keshatan - Bagi Anda yang hobinya bergadang atau tidur terlalu larut malam, sekarang hentikan kebiasaan tersebut, sekarang juga!. Kenapa, saya harus berhenti bergadang, sedangkan pekerjaan saya saja tidak bisa diselesaikan dalam jam kerja? Sangat berbahaya, Karena bisa menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Bisa-bisa kualitas hidup Anda bisa menurun drastis. Minimal jam tidur yang baik bagi Anda adalah Anda harus tidur  setidaknya 7 jam dalam sehari.


Inilah 6 Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Keshatan. 


1. Program Diet Kita Akan Sia-sia 

Program Diet Kita Akan Sia-sia
Saat kita kurang tidur, metabolisme di tubuh kita menjadi sangat lambat, sekaligus membuat nafsu makan tidak terkontrol. Secara tidak sadar, kita juga lebih menginginkan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak.

2. Mood yang Tidak Stabil 

Mood yang Tidak Stabil
Perubahan emosi saat kita kelelahan adalah hal yang seringkali terlihat. Bila kita benar-benar lelah, perubahan drastis, seperti menjadi mudah menangis itu sangat mungkin terjadi. "Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 50% dari orang dengan depresi memiliki beberapa jenis masalah tidur. Biasanya insomnia.

3. Mata Membengkak

Mata Membengkak
Seorang dokter dibidang kulit dan ahli bedah kosmetik di Omaha, Joel Schlessinger, MD, mengatakan bahwa, bila seseorang kurang tidur, tubuh dapat kehilangan kelembaban sehingga kulit juga kekurangan cairan. Akibatnya timbul bengkak dan lingkaran gelap di bawah mata. Masalah ini dapat kita atasi dengan minum secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur. Teh chamomile dapat juga membuat sesorang merasa santai karena tidak mengandung kafein.

4. Tingkat Depresi yang Tinggi 

Tingkat Depresi yang Tinggi
Jam tidur yang kurang dari 6 jam sehari, dapat mengganggu gen dalam tubuh yang mengatur depresi. Hal tersebut berdasarkan telitian sebuah studi pada Februari 2013, yang mana dilakukan oleh University of Surrey di Inggris. Hal yang dapat kita lakukan ialah melakukan meditasi selama 5 menit, lalu peregangan otot, atau dengan melakukan aktifitas yoga.

5. Sulit Berpikir Jernih 

Sulit Berpikir Jernih
Ketika anda merasa sulit berpikir jernih, terutama saat bekerja di kantor, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru. Hal ini dikemukakan oleh Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog dubidang klinis dan spesialis tidur di New York.

6. Imunitas Rendah 

Imunitas Rendah
Kelelahan juga dapat menyebabkan kita mudah terserang penyakit. "Para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang kurang tidur dari tujuh hingga delapan jam, lebih memproduksi antibodi lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa, sistem kekebalan tubuh tidak sekuat ketika Anda fit," dinyatakan oleh Dr Shives. Saran sya jika Anda susah untuk melakukan tidur, makanlah makanan yang bergizi dan matikan lampu rumah disaat Anda ingin tidur, cara ini dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat dengan nyaman.

 Itulah tadi beberapa dampak negatif yang sudah saya rangkum dan saya berikan diatas, insyaallah, dikemudian hari akan saya lanjutkan dengan beberapa efek atau dampak yang lainnya. Segeralah memulai dengan hidup yang sehat. Cukupi tidur anda, persenjatai makanan anda dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak manfaat. Seperti yang sudah blog ini berikan, khusus buat Anda pecinta hidup sehat. Jangan lupa untuk membookmark blog ini, agar Anda tidak ketinggalan informasi, khususnya di bidang kesehatan. Salam saya Whempy.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "6 Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Keshatan"

  1. wah.. gak mau sering begadang lagi. takut depresi

    ReplyDelete
  2. Males tidur ah.. ingin menambah berat badan

    ReplyDelete
  3. Waaahhh, Saya Sering Sob, Mengalami Sulit Berpikir Jenih Sob,, Bagus Sob artikelnya..

    Ketika anda merasa sulit berpikir jernih, terutama saat bekerja di kantor, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru. Hal ini dikemukakan oleh Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog dubidang klinis dan spesialis tidur di New York

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel