-->

6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Manfaat bayam bagi kesehatanBayam memiliki banyak manfaat dan khasiat terhadap kesehatan. Sayur dengan nama latin Amaranthus hybridus memiliki daun bewarna hijau dan sayur ini sebenarnya berasal dari negara Amerika tropik namun sekarang sudah menyebar di seluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia.

Bayam memiliki berbagai kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Berbagai gizi yang terkandung seperti sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan gizi tersebut membuat sayur bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap. Rasanya pun sangat enak dan menggugah nafsu makan seseorang. Apa sajakah manfaat bayam bagi kesehatan.

6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan


1. Menjaga kesehatan mata
Kedua antioksidan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak di bayam dapat melindungi mata dari penyakit katarak. Selain itu bayam memiliki kandungan vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga banyak ditemukan di buah tomat.

2. Mencegah penyakit kanker
Bayam mengandung flavonoid sebagai zat anti kanker. Flavonoid ini mampu memperlambat pertumbuhan dan pembelahan sel sel-sel kanker. Sel-sel kanker yang dapat dicegah ketika mengkonsumsi bayam seperti kanker kulit dan prostat.

3. Anti-inflamasi
Kandungan neoxanthin dan violaxanthin merupakan dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls yang memainkan peran penting dalam regulasi peradangan dan hadir dalam jumlah yang tidak biasa dalam bayam.

4. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin K yang terdapat pada buah bayam mempunyai fungsi untuk menjaga kelembaban dalam kulit, sehingga kulit tetap terjaga. Keriput dan jerawat pun dapat hilang dengan mengkonsumsi buah bayam.

5. Meningkatkan daya ingat
Seiring bertambahnya usia seseorang, kemampuan seseorang untuk mengingat pun akan turun. Dengan mengkonsumsi sayur bayam dapat menyehatkan dan meningkatkan daya ingat otak. Dapat juga disimpulkan bahwa bayam dapat mencegah penyakit pikun.

6. Menyehatkan organ pencernaan
Kandungan serat alami dalam bayam memberikan manfaat terhadap kesehatan organ-organ pencernaan. Mengkonsumsi bayam juga dapat memperlancar proses pencernaan sehingga gangguan pencernaan pun dapat dihindari.

Itulah 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan. Sayur yang banyak dijumpai di pasar ini menyimpan manfaat dan khasiat besar bagi kesehatan tubuh. Harganya pun murah, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperoleh sayur ini. Jadi, tidak ada alasan untuk kita tidak mengkonsumsi sayur bayam ini.

Apabila artikel yang anda baca di rasa bermanfaat, tolong sebarkan ke teman atau kerabat anda, sehingga mereka mengerti dan tahu manfaat bayam bagi kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan"

  1. klo dijadiin sayur bening seger banget...
    banyak manfaat dan bisa kuat kayak popeye :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa terus ngalahin brutus dong bang, hehe...terima kasih telah membaca artikel tentang 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Wah ternyata saur bayam ini banyak sekali manfaatnya ya!

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel