-->

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

Cara menjaga dan merawat kesehatan mataCara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata - Mata merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh. Apa yang akan terjadi apabila seseorang tidak memiliki mata? Pasti seseorang tidak dapat melihat keindahan dan kecantikan di dunia ini. Kita sebagai manusia harus bersyukur di berikan mata yang sehat sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan sempurna.

Terkadang banyak orang sering lupa akan mata ini, mereka tidak menjaga dan merawatnya dengan baik. Banyak sekali penyakit mata yang akan menyerang apabila kita tidak berhati-hati. Nah...lalu apa saja yang harus dilakukan seseorang untuk menjaga dan merawat kesehatan mata?

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk merawatnya, yang paling pertama dan utama adalah menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan mata. Apa sajakah yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan mata?
  1. Jangan membaca buku sambil tidur. Ini merupakan kebiasan yang dianggap tidak penting namun berdampak banyak akan kesehatan mata. Hindari aktivitas ini, karena bila diteruskan akan berdampak pada terjadinya gangguan-gangguan mata seperti miopi.
  2. Membaca buku di tempat yang kurang terang. Perlu diperhatikan sekali bahwa membaca di tempat yang kurang cahaya (redup) sangat mempengaruhi kesehatan mata, membaca di tempat yang rendup memberikan dampak pada daya akomodasi mata yang terlalu berlebih sehingga mata cepat lelah.
  3. Apabila anda seorang pekerja di depan komputer, jarak pandang dari mata ke komputer harus lebih dari 30 cm. Mengapa begitu? Radiasi layar komputer sangat berbahaya bagi mata, sebagai solusi lain adalah dengan memasang layar anti radiasi untuk lebih amanya.
  4. Jangan lupa berkedip. Tahukan ada manfaat berkedip bagi kita? Ya berkedip berperan vital untuk menjaga kelembaban dan menghasilkan air yang berfungsi untuk membasahi mata. Apakah anda satu dari sekian banyak orang yang lupa berkedip saat melakukan aktivitas menyenangkan? Contonya nonton film dan bermain game.
  5. Isirahatkan mata secara teratur. Bagi yang pekerjaannya di depan komputer, setiap satu jam sekali sempatkan mengistirahatkan mata dengan melihat-lihat keindahan alam sekitar selama 10 sampai 15 menit. 
Mudah bukan bagaiman menjaga kesehatan mata, tetapi ada satu yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi buah-buahan segar. Buah yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata.
  • Tomat - Vitamin A yang terkandung dalam buah tomat mampu menjaga kesehatan mata. Mata membutuhkan vitamin A untuk membentuk sistem penglihatan yang baik, vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Anda juga dapat membaca secara lengkap bagaimana manfaat tomat bagi kesehatan
  • Pepaya - Ya memang vitamin A merupakan salah satu zat yang berfungsi penting untuk menjaga kesehatan mata. Pepaya mengandung vitamin A yang tinggi sehingga baik untuk mata. Temukan lebih jauh manfaat buah pepaya bagi kesehatan.
  • Melon - Kaya akan kadungan betakaroten dapat berfungsi untuk meningkatkan ketajaman mata dan menjaga kesehatan mata. Betakaroten ini akan diubah menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata. Baca juga manfaat melon bagi kesehatan
  • Jambu biji - Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, jambu biji dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Temukan lebih banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan.
Itulah Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata. Terkadang orang lupa akan pentingnya mata, apabila mata mengalami sebuah gangguan, kita pun menjadi kurang nyaman bukan? Untuk itulah kita harus merawatnya dari sekarang sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Cukup sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Apabila artikel yang anda baca dirasa bermanfaat tolong untuk di bookmarks dan share ke teman anda sehingga mereka tahu akan cara menjaga dan merawat kesehatan mata.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata"

  1. lebih baik menjaga dari pada mengobati

    nah kalo puasa harus dijaga dari pandangan yg seronok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentul sekali mas, terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. lebih baik mencegah dari pada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencegah lebih mudah dari pada mengobati

      Delete
  3. Sangat bermanfaat sekali mas informasinya, terlebih buat kita para blogger yang selalu bergelut di depan layar komputer. Terimakasih mas.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tipsnya mas... saya sering melakukan point pertama.. baca sambil tidur.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus segera dihentikan mas aktivitas kurang baik tersebut, kasihan mata kita kalau diteruskan

      Delete
  5. cuma tau nya cuma wortel sj..Mas..!, trnyata, byk buah lainnya,..klw sy pribadi senangnya baca sambil tidur buat penggtr tidur sj..:):)

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel