-->

Bagaimana Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi KesehatanManfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Sudah tidak asing lagi bukan dengan bumbu masak yang satu ini, apalagi kaum hawa, harusnya tahu. Bila tidak tahu bisa menandakan Anda tidak pernah memasak. Bawang putih merupakan salah satu bumbu utama yang harus ada dalam setiap masakan. Mengenal lebih jauh mengenai bawang putih.

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Wekipedia


Setelah kita tahu lebih jauh mengenai bumbu masak yang satu ini, tentunya ada sebuah manfaat yang terkandung. Disini saya akan menjelaskan bagaimana manfaat bawang putih bagi kesehatan. Lalu apa sajakah manfaat tersebut?

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


1. Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam bawang putih memberikan perlindungan tubuh terhadap radikal bebas yang berbahaya. Semakin tua umur bawang putih semakin juga banyak antioksidan yang terkandung.

2. Mengobati penyakit diabetes

Bahan dapur yang satu ini mampu mensetabilkan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Tidak mengherankan bukan, bahwa bumbu yang satu ini mampu mengobati penyakit diabetes. Bagi pengidap diabetes disarankan untuk mengkonsumsi bumbu yang satu ini.

3. Anti kanker

Penelitian melakukan sebuah riset dan ia mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa bawang putih dapat dijadikan sebuah zat anti kanker. Bawang putih tenyata memiliki kandungan senyawa yang dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. 

4. Menyembuhkan luka

Perlu diketahui juga bawa bawang putih mengandung anti bakteri, allicin, anti virus, anti jamur, dan anti parasit sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada luka. Dengan ini luka dapat sebuh dengan cepat.

5. Mencegak kolesterol

Bawang putih dapat dijadika sebuah cara bagi seseorang untuk menurunkan kadar kolesterol dan tingkat tekanan darah karena mengandung gizi dan mineral. Selain itu juga berpernan dalam melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

6. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Bumbu dapur yang satu ini mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan enzim interferon yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Konsumsilah bawang putih dengan rutin setiap hari.

7. Menghilangkan jerawat

Bawang putih adalah obat alami yang digunakan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung anti oksidan yang mampu membunuh bakteri. Caranya penggunaanya pun mudah yaitu dengan menyediakan 1 bawang putih kemudian hancurkan dan tempelkan di kulit yang terkena jerawat lalu tunggu hingga 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan tunggu hasilnya. Lakukan dengan rutin.

Disamping manfaat yang banyak, ternyata bawang putih juga memiliki sebuah efek samping terhadap tubuh. Apa efek samping tersebut?

Efek Samping Bawang Putih

  • Mengkonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan bau badan yang menyengat
  • Dapat menyebabkan pembengkakan lidah dan bibir
  • Menyebabkan kulit kemerahan dan gatal
  • Mengalami gangguan pernafasan
 
Itulah 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Bawang putih ternyata memiliki segudang manfaat yang tersembunyi. Konsumsilah secara teratur dan sesuai dengan takaran, apabila berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Cukup sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Bagaimana Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan"

  1. Eh baru tau kalo bawang putih bisa ngilangin jerawat. Nice info bro

    ReplyDelete
  2. bawang putih kan selalu ada di setiap masakan, jadinya pasti merasakan manfaat bawang putih dong. tapi yaa itu kalo berlebihan bikin bau bawang dan menyebabkan bau badan

    ReplyDelete
  3. wah..kalau dipake buat obat jerawat segimana perihnya ya?

    ReplyDelete
  4. memang Indonesia kaya dgn rempah2nya yg penuh manfaat..salah satunya bawang ini Mas..!

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel