-->

Manfaat Bermain Video Game Bagi Kesehatan

Manfaat Bermain Video Game Bagi Kesehatan Manfaat Bermain Video Game Bagi Kesehatan - Melarang seorang anak untuk tidak bermain game, itu adalah kesalahan terbesar bagi Anda sebagai orang tua. Sebenarnya bermain game itu sangat bagus untuk tumbuh kembang seorang anak apabila Anda dapat memenejem waktu saat bermain game. Sebelum mengetahui manfaat bermain video game, tentunya anda harus tahu apa itu video game?

Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan. Wekipedia

Segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, termasuk juga bermain video game. Apalagi jika seorang anak tidak mau berhenti bermain game pastinya juga mengganggu tumbuh kembang seorang anak. Untuk mengatasi hal tersebut orang tua harus pandai memenejem waktu bermain game, sehingga bermain game dapat dijadikan sebuah mulifungsi yaitu menjaga tumbuh kembang anak dan menjaga kesenangan anak, sehingga video game pun menjadi sangat bermanfaat.

Kembali ke pokok persoalan mengenai manfaat video game bagi kesehatan. Disini saya akan menjelaskan bagaimana manfaat tersebut. Lalu apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Bermain Video Game Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan keterampilan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rochester jika video game dapat meningkatkan keterampilan dan presepsi seseorang. Perlu anda amati juga di dunia nyata terampil mana orang yang suka bermain gama dengan orang yang tidak pernah main game? "Sebuah tugas anda". Seorang pemain game biasanya dapat mengingat detil-detil penting dari game yang dimainkannya, mereka juga akan memperbaiki catatan waktu atau rekor yang mereka buat dalam suatu game setiap waktu.

2. Mengatasi depresi dan stress

Bermain video game dapat mengatasi gangguan seperti depresi dan stress secara alami. Game mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dapat mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada diri Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh 2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine menemukan bahwa bermain game dapat mengatasi gangguan mental, stress dan depresi dengan melampiaskan rasa frustasi meraka pada game tersebut.


3. Meningkatkan perhatian visual

Sebuah penelitian Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game tidak hanya dapat membuat seseorang lebih jeli pada lingkungan di sekitarnya, namun juga meningkatkan kemampuan seseorang untuk mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan. Penelitian juga dilakukan oleh psikolog perkembangan Visual Development Lab of Ontario's McMaster University dr. Dephen Maurer yang menemukan bahwa orang yang terkena katarak dapat meningkatkan pengelihatan mereka saat bermain game.


4. Meningkatkan kepercayaan diri seseorang terhadap pengambilan keputusan


Video game membutuhkan sebuah kepercayaan diri ketika memainkan tokoh virtualnya. Karena kepercayaan diri itulah yang menentukan mati hidupnya karakter game yang dimainkan. Para ahli juga melakukan riset bahwa game dapat memberikan banyak permainan otak untuk menyimpulkan informasi sehingga mampu membangun kepercayaan dan pengambilan keputusan.

5.Menjadi penghilang rasa sakit

Perlu diketahui juga bawa bermain video game dapat menghilangkan rasa sakit. Penelitian dari game dapat memberikan banyak permainan otak untuk menyimpulkan informasi. Saya juga melakukan sebuah riset terhadapa diri saya sendiri ketika berpuasa. Ketika perut saya sakit karena lapar, saya mencoba untuk memainkan video game. Apakah yang terjadi? lapar tersebut menjadi hilang dan tahu-tahu sudah berbuka? Apakah anda juga begitu...

6. Meningkatkan kemampuan motorik anak

Dilakukan sebuah riset oleh Deakin University, Melbourne, Australia, menyatakan tidak apa-apa membiarkan anak usia empat tahun bermain video game di depan televisi. Dia mensurvei dari 53 anak balita, ditemukan bahwa mereka yang memainkan “game interaktif” akan memiliki keterampilan motorik terhadap objek yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

7. Memberikan kebahagian di  Usia Tua

Para peneliti dari North Carolina State University melakuka sebuah penelitian berhubungan atara bermain video game dengan kesejahteraan mental.

Seorang peneliti bernama Rick Nauert dari PsychCentral mengemukan “Mereka yang senang bermain video game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, sedangkan yang tidak bermain video game justru terdapat emosi negatif seperti depresi,”.


Itulah Bagaiaman Manfaat Video Game Bagi Kesehatan. Tidak selamanya video game berefek negativ terhadap perkembangan anak namun sebaliknya asalkan orang tua dapat memenejemen aktivitas anak dengan baik. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanafaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Responses to "Manfaat Bermain Video Game Bagi Kesehatan "

  1. bnayk bnget manfaatnya, mulai skarang gua bakal lebih banyak maen game hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap harus diatur ya, bermain video gamenya

      Delete
  2. Anak anak saya memang suka main GAME> Untuksaat ini mereka masih senangnya main GAME yang sudah terlebih dahulu di download. Ada banyak game game gratis di Internet yang bisa di unduh. VIDEO GAME termasuk yang jarang kami gunakan di rumah. Mungkin alasannya teknis aja. Tapi setelah tau manfaatnya dari tulisan ini mungkin akan kami pertimbangkan kembali untuk memasangnya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jangan sampai anak terlalu berlebihan main game, main game boleh saja, namun harus dengan waktu yang tepat

      Delete
  3. saya dari dulu suka maen game, dan itu sangat bagus menurut saya untuk kelancaran otak untuk berpikir, intinya orang tua harus bisa mengatur waktu :)

    ReplyDelete
  4. wah poin terahir memang benar mas.. main game memang sangat memberi kebahagiaan jika pas libur hehehe tapi kalau kalah tetap kesel mas hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak kesel makanya harus menang terus. :)

      Delete
  5. waow ternyata banyak juga to manfaat game bagi tubuh kita :D

    ReplyDelete
  6. saya sampai sekarang juga masih main game, bisa menghilangkan stres karena pekerjaan.
    tapi kita juga harus bisa mengontrol, kalau anak-anak kita yang main game. karena mereka pasti akan ketagihan. biasanya main game membuat mereka lupa waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah yang perlu ditakutkan, mereka lupa waktu

      Delete
  7. banyak juga ya kang manfaat nya , bagus sekali ini . saya juga trkadang sering juga bermain game, hehhe ..

    ReplyDelete
  8. banyak yang bilang maen game itu ngga banyak gunanya, padahal yang sangat tak sepakati adalah menghilangkan stres dan depresi...dan itu teh sering banget, hampir tiap hari malahan maen game...berarti depresi dan stresku tiap hari dong yah...

    ReplyDelete
  9. kebetulan anak saya jg seneng sekali main game..
    ternyata main game baik jg untuk kesehatan..

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel