-->

Ini Dia Bahaya Dan Akibat Jika Kelamaan Menahan BAB

Ini Dia Bahaya dan akibat jika kelamaan menahan BAB - Pernahkah anda mengalami hal yang sangat tidak mengenakkan ketika sedang berada ditempat umum? Hal ini terutama menahan diri ketika kebelet menahan untuk buang air besar, Bayangkan bagaimana reaksimu ketika sedang menahan air besar, muka pucat, keluar keringat dingin hingga bolak balik mutar sana sini demi menahan BAB supaya tidak keluar. Ternyata hal ini sangat berbahaya buat kita, Ada beberapa akibat jika kelamaan menahan BAB buat kamu, apa saja? simak ulasan dibawah ini !
akibat jika kelamaan menahan BAB
Ada banyak sekali bahaya dan akibat jika kelamaan menahan BAB
  • Membuat kotoran keras dan menyakitkan pada saat dikeluarkan - Menahan terlalu lama di usus besar (yang menyerap air) membuat isi perut keras dan tekanan pada dalam perut juga akan menimbulkan rasa sakit luar biasa di bagian belakang.
  • Menyebabkan wasir - Jangan pernah menahan BAB karena tekanan pada otot usus besar anus yang terlalu keras bisa menyebabkan pembuluh darah bengkak hingga keluar gumpalan daging dari anus yang disebut dengan wasir. Wasir lebih menyakitkan dibanding hanya menahan BAB.
  • Sistem pencernaan menyerap racun - Karena ditahan di usus besar yang bertugas menyerap air, bukan hanya jadi keras, tapi sistem pencernaan jadi menyerap zat sisa yang seharusnya dibuang keluar dari tubuh. Mau tubuhmu makan sampah? Menjijikkan bukan?
  • Sembelit atau justru diare - Menahan BAB jelas bisa menyebabkan sembelit karena kotoran jadi kering di dalam dan sulit dikeluarkan. Ada juga orang mengalami sebaliknya, bukan sembelit, orang justru mengalami diare karena rasa sakit menahan bab. Jika sudah seperti ini, pergi ke kamar mandi lebih menyakitkan lagi.
  • Kembung karena kentut terjebak dalam perut - Bukan hanya kotoran yang perlu dikeluarkan dari tubuh, tapi juga gas hasil proses makanan dalam perut. Jika kamu menahannya, gas akan kembali dan terjebak di dalam perut sehingga membuat perutmu lebih sakit.

Ternyata akibat jika kelamaan menahan BAB itu sangat besar sekali dan bisa berbahaya bagi kesehatan badan, Jika memang kamu tiba-tiba kebelet mau BAB usahakan langsung mencari kamar mandi / WC untuk BAB karena selain mengundang bahaya kamu juga bakal menahan sakit dan bahkan menyiksa tubuh kamu sendiri. Jangan malu untuk pamit dengan segera jika memang kebelet untuk BAB dan ini sangat penting untuk kesehatan mu.


Sumber Referensi : www.vemale.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel