-->

Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Wajib Anda Ketahui

Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Wajib Anda Ketahui - Menikah adalah momen yang sangat bahagia untuk semua pasangan, semua proses untuk acara pernikahan tentunya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H datang, namun dalam banyak-banyak proses yang dilakukan mulai tes di kantor KUA dan persiapan pesta pernikahan, ada satu lagi tes yang terlupakan bahkan bisa dibilang sangat jarang dilakukan oleh calon pasangan pengantin dan pada umumnya adalah orang yang tinggal di kawasan perkampungan. Ia adalah Tes Kesehatan Sebelum Menikah, bisa dikatakan Tes Kesehatan Sebelum Menikah ini memang belum umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia, padahal tes pemeriksaan ini merupakan salah satu prosedur menjelang pernikahan yang sangat di anjurkan oleh pakar kesehatan, karena ada banyak sekali resiko yang bakal menimpa pasangan sewaktu menjalani pernikahan. Tes ini tentunya bertujuan untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda penyakit organ reproduksi atau penyakit keturunan yang bisa mengancam anak atau kandungan dikemudian hari.
tes kesehatan sebelum menikah
tes kesehatan sebelum menikah harus dilakukan 6 bulan sebelum menikah
Berikut ini adalah jenis-jenis Tes Kesehatan Sebelum Menikah yang harus dilakukan calon pengantin, apa saja? simak uraiannya :
  • Pemeriksaan fisik - Tujuannya adalah untuk mengetahui tekanan darah pasangan. Tekanan darah yang normal menandakan salah satu kunci kesehatan, jika sang istri mempunyai tekanan darah tinggi adalah sangat berbahaya baginya saat hamil. Selain itu masalah obesitas pasangan juga sangat mempengaruhi kesuburan.
  • Pemeriksaan darah rutin - Bagi calon pasangan khususnya wanita sangat penting untuk mengetahui kadar hemoglobin atau istilah medisnya HB apakah menderita anemia atau tidak.
  • Pemeriksaan darah dan Rhesus - tujuannya untuk jaga-jaga, dengan mengetahui Rhesus sebelum hamil maka jika suatu hari ada komplikasi dokter dapat mengatasinya dengan segera.
  • Urinalis Lengkap - tujuannya untuk mengetahui apakah ada infeksi saluran kemih atau tidak serta adanya darah, protein yang menunjukkan penyakit tertentu.
  • Pemeriksaan penyakit hereditas atau penyakit keturunan.
  • Pemeriksaan penyakit menular seperti HIV, hepatitis B dan Hepatitis C
  • Pemeriksaan yang berhubungan dengan organ reproduksi dan kesuburan
  1. Untuk wanita - Meliputi pemeriksaan USG agar diketahui kondisi rahim, saluran telur, indung telur. Pemeriksaan lebih lanjut seperti HSG (Hysterosalpingogram) untuk mengetahui kondisi tuba falopii dan adakah sumbatan akibat kista, polip endometrium, tumor fibroid, dll. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur atau sebaliknya berlebihan. Hormon yang diperiksa misalnya hormon FSH (Follicle stimulating hormone), LH (Lutenizing hormone) dan Estradiol (hormone estrogen).
  2. Untuk pria - Selain dilakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan penis, skrotum, prostat juga dilakukan pemeriksaan hormon FSH yang berperan dalam proses pembentukan sperma serta kadar hormon testosteron. Dapat dilakukan juga analisis semen dan sperma.

Demikian Informasi tentang jenis Tes Kesehatan Sebelum Menikah yang wajib anda ketahui, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel