-->

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara mudah mengatasi bau mulut saat berpuasa - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan yang telah ditunggu hari kedatanganya bagi umat Islam. Di bulan inilah kita melakukan ibadah puasa yang mana dituntut untuk menahan hawa dan nafsu. Saat bulan puasa masalah bau mulut sering timbul yang mengakibatkan ketidaknyamanan seseorang untuk berbicara di depan orang lain.
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa
Bau mulut | log.viva.co.id
Bau mulut kebanyakan disebabkan oleh keringnya mulut akibat kekurangan cairan yang berefek pada menurunnya produksi air liur. Air liur ini berfungsi untuk menjaga mulut agar tetap segar. Betapa nikmatnya apabila kita bebas dari bau mulut saat menjalani ibadah puasa. Berikut adalah cara terbaik untuk menjaga mulut agar tetap segar dan tidak berbau.

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa


1. Minum air putih
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa dengan air putih
Air putih | 10108249.blog.unikom.ac.id
Banyak-banyak minum air putih saat sahur, usahakan minum sekitar 2-3 gelas. Air putih mampu menjaga tubuh kita tetap segar dan menghindarkan dari dehidrasi. Manfaat lain dari air putih ini adalah membuang racun dalam tubuh, memperlancar sistem pencernaan dan menjaga kesehatan gigi.

2. Gosok gigi
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa dengan gosok gigi
Gosok gigi | wolipop.detik.com
Menggosok gigi dengan sempurna dan membersihkan lidah mampu mengurai bau mulut. Dengan menggosok gigi secara sempurna mampu membersihkan mulut dari partikel-partikel makanan yang terselip di sela-sela gigi.

3. Minum teh hijau
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa dengan minum teh hijau
Teh hijau | formulaoralcare.com
Minum teh hijau memberikan perlindungan terhadap bakteri yang kerap menyerang mulut dengan zat yang bernama polyphenol. Banyak manfaat juga yang akan diperoleh seperti mencegah penyakit diabetes, membersihkan jerawat, merawat kulit, dan menurunkan tekanan darah.

4. Berolah raga ringan
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa dengan berolah raga
Olah raga | natureve.blogspot.com
Berolah raga ringan saat menunggu datangnya buka puasa mampu mengeluarkan zat-zat beracun bagi tubuh termasuk zat penyebab bau mulut, di samping itu tubuh menjadi lebih segar.

5. Hindari makanan berbau kurang sedap
Hindari makanan barbau kurang sedap
Petai | epetani.deptan.go.id
Hindari makanan yang barbau kurang sedap seperti
  • Jengkol
  • Petai
  • Durian
Mengapa makanan di atas mampu memunculkan bau mulut yang tidak sedap?
Karena makanan tersebut mengandung zat H2S atau Hidrogen Sulfida yang mampu menghasilkan bau mulut yang menyengat.

Itulah 5 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa, dengan menjaga kesehatan mulut akan memberikan kenyamanan pada diri kita maupun orang lain. Puasa pun bukan lagi sebuah alasan untuk tidak menjaga kesehatan mulut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel