-->

KB Alamiah Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Serta Macam-macamnya

KB Alamiah Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Serta Macam-macamnya - Metode keluarga berencana alamiah (KBA) adalah metode kontrasepsi  berdasarkan pada kesadaran untuk memulai atau mengakhiri masa kesuburan dari siklus menstruasi perempuan. Maksudnya, cara alternatif yang dapat digunakan oleh pasangan usia subur selain menggunakan alat atau obat. Namun masih banyak yang belum mengetahui cara kontrasepsi dengan metode alamiah ini. Kebanyakan pasangan usia subur lebih memilih menggunakan alat kontrasepsi dari bidan atau dokter karena dirasa lebih aman dan tingkat kegagalannya rendah.
KB Alamiah

Pengertian KB Alamiah

Secara sederhana KB Alamiah adalah KB tanpa alat, KBA merupakan salah satu metode yang memiliki peran dalam mengendalikan populasi penduduk Indonesia yang sangat sederhana tanpa menggunakan alat. KBA merupakan alternatif kotrasepsi yang cukup efisien untuk dilakukan oleh pasangan suami istri.
Dalam definisi Metode KB Alamiah adalah metode kontrasepsi berdasarkan pada kesadaran untuk memulai atau mengakhiri masa kesuburan dari siklus menstruasi perempuan. Metode ini sering melibatkan perilaku puasa 'biologis' secara periodic, sebuah metode penghalang antara spermatozoa dan ovum dengan menghindari hubungan 'bercinta' selama fase subur berlangsung dari siklus menstruasi. Metode ini tergantung pada kemampuan pasangan mengindentifikasi fase subur pada setiap fase siklus menstruasi dan motivasi serta disiplin mereka untuk mempraktikan puasa jika diperlukan.

Macam-macam Jenis KB Ilmiah

  • Metode Kalender -  Metode kalender atau pantang berkala adlah cara atau metode kontrasepsi sederhana yang dilakukan oleh pasangan suami istri dengan tidak melakukan senggama atau hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi.
  • Metode Suhu Basal - Suhu basal adalah suhu tubuh sebelum ada aktifitas apapun, biasanya diambil  pada saat bangun tidur dan belum meninggalkan tempat tidur. Suhu basal akan meningkat setelah ovulasi terjadi. Pencatatan suhu basal dilakukan setiap hari.
  • Metode Lendir Serviks - Definisi metode kontrasepsi dengan menghubungkan pengawasan terhadap  perubahan lendir serviks wanita yang keluar melalui vagina.
  • Metode Sim to Thermal - Metode sim to thermal merupakan keluarga berencana alamiah (KBA) yang mengidentifikasi masa subur dari siklus mentruasi wanita. Metode sim to thermal mengkombinasikan metode suhu basal dan makosa serviks.


Sayang sekali dalam artikel kali ini admin tidak bisa meringkaskan Kelebihan dan Kelemahan KB Alamiah karena sedikitnya referensi yang diperoleh, walaupun ada ianya masuk ke masing-masing jenis KB Alamiah (perancang alamiah).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel