-->

5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan
Musik itu disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Musik bukan hanya merupakan bentuk dari seni dan bisa digunakan untuk bersenang-senang, namun juga bisa memberikan berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan.

Musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh kita, baik secara fisik maupun secara mental.
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik.






1. Musik juga bisa menurunkan stres
Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja membuat kondisi psikologis seseorang akan menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkatan stres.

2. Melindungi pendengaran
Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001, yang dimuat dalam Washington Post, mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja kita tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone, nanti bukannya untuk mempertajam pendengaran, tapi mempertumpul pendengaran Anda, hehe.

3. Baik untuk jantung
Anda mungkin berpikir bahwa musik tidak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian di University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

4. Memperkuat daya ingat
Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

5. Membuat otak awet
Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

 Nah, yang hobinya mendengarkan musik, mungkin ini menjadi pengetahuan baru bagi Anda, tapi yang tidak suka musik, jangan remehkan kekuatan musik. Mendengarkan musik tidak hanya sekedar hobi atau karier, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan fisik kita. Sudah mendengarkan musik apakah Anda hari ini? Salam saya Whempy.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan"

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel