-->

5 Cara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombeCara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Perlu diketahui bahwa ketombe memiliki nama ilmia Pityriasis capitis. Ketombe sendiri adalah gangguan di kulit kepala karena pengelupasan sel kulit mati yang terlalu berlebihan. Sebenarnya pengelupasan kulit di daerah kepala adalah wajar (normal) namun apabila berlebihan hingga menyebabkan iritasi diikuti pemerahan sudah merupakan tahap kronis dan harus segera disembuhkan. Biasanya ketombe dapat diatasi dengan shampo khusus.

Effek dari ketombe seperti gatal sehingga menjadi sebuah tanda bagi orang yang terkena kotombe akan sering menggaruk-garuk kepalanya dan aktivitas ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena dapat merusak kulit dan dapat juga menimbulkan infeksi. Sebenarnya ketombe dapat dihilangkan dengan mudah tanpa memerlukan biaya yang lebih. Lalu bagaimana cara sehat menghilangkan ketombe secara alami?


5 Cara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami


1. Cuka

Membilas rambut dengan cuka terdengar mengerikan namun cara ini efektif untuk menghilangkan ketombe secara alami. Cara ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe. Di samping itu cuka juga berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur sehingga juga bertindak sebagai fungisida.

Adapun cara meracik cuka untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menyiapkan dan mencampur setengah cuka dan air hangat dalam cangkir. Tuangkan campuran tadi ke rambut Anda dan gosok hingga merata selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap dua minggu sekali.

2. Garam

Hampir sama dengan cuka, garam memiliki kemampuan untuk menghilangkan ketombe dan jamur yang ada di kulit kepala. Caranya pemanfaatanya pun mudah hanya dengan menaburkan garam secukupnya di bagian kulit kepala kemudian gosok-gosok selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

3. Minyak kelapa

Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak kelapa memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit. Di samping itu juga dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Adapun caranya dengan juga mudah, yaitu dengan menjadikan minyak kelapa sebagai minyak pijat untuk memijat kulit kepala sebelum Anda tidur.

4. Cahaya matahari

Cahaya matahari mempunya peran khusus terhadapa kesehatan kulit. Ini adalah sebuah alternativ yang harus di coba karena tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Adapun cara yang dilakukan dengan berdiam diri selama 10-15 di bawah terik matahari. Waktu yang paling tepat antara jam 7-9 pagi hari.

 5. Buah lemon

Keasaman yang terdapat pada buah lemon mampu menjadi sebuah fungisida yang mampu membantu membunuh jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Lemon juga membuat rambut menjadi lebih segar dan bersih. Cara pemanfaatanya pun juga mudah hanya dengan menyiramkan air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok kedalam kulit kepala dan gosok hingga merata. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Itulah 5 Cara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat merupakan impian setiap orang. Nah... cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "5 Cara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami"

  1. wah ke lima-limanya saya belum pernah mencobanya mas. biasanya saya hanya pake sampho saja hehehe boleh deh kapan kapan kalau kepala saya ketombean akan saja coba tipsnya hehehe makasih ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh gan, terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Cara Sehat Menghilangkan Ketombe Secara Alami, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. buset gan itu pake cuka ? haha keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya nih gan gimanaa gitu kalo pake cuka, apa bisa sehat dan kembali bersih ya rambutnya

      Delete
    2. silahkan di coba, untuk mengetahui hasilnya...

      Delete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel