-->

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya
Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya - Mimisan adalah gejala yang disebabkan akibat kelainan yang timbul oleh faktor dalam hidung ataupun sistem lain. Mimisan dalam dunia kedokteran disebut juga dengan epistaksis. Mimisan ini bukanlah salahsatu dari jenis penyakit namun jika timbul mimisan tentunya kita wajib waspada sehingga kita bisa mengobatinya dengan segera. Mimisan timbul karena beberapa faktor seperti faktor pembuluh darah yang terbuka, sinusitis, tumor atau bahkan karena faktor lainnya. Selain itu kelainan pada tubuh lainnya seperti penyakit darh tinggi, kelainan pembuluh darah juga menjadi faktor terkait gejala mimisan ini.

Penyebab Mimisan


Mimisan meskipun bukanlah jenis penyakit berbahaya namun jangan anggap remeh dari gejala yang ditimbulkan, karena bisa saja mimisan ini merupakan reaksi dari penyakit berbahaya yang sudah ada didalam tubuh seperti hiperetensi, leukeumia atau lainnya.
Penyebab Gejala Mimisan Terus Menerus
Diantara Penyebab mimisan yang dialami oleh kebanyakan orang adalah sebagai berikut :

1. Alergi, salahsatu penyebab mimisan yang diamai oleh seseorang adalah bentuk reaksi alergi terhadap sesuatu sehingga menyebabkan pembuluh kapiler terbuka yang akhirnya mengeluarkan darah dari hidung.

2. Hidung Kering dan terjadi iritasi, penyebab mimisan lainnya dapat terjadi yaitu karena adanya perubahan cuaca yang mengakibatkan hidung menjadi kering sehingga terjadi iritasi pada bagian hidung yang mengakibatkan keluarnya darah dari dalam hidung.

3. Flu, ketika seseorang yang terkena flu membuang ingus yang terdapat dalam hidung maka ketika membuang ingus terlalu sering akan menyebabkan bagian pada hidung terluka sehingga dengan terjadinya luka tersebut akan keluar darah. Maka dari itu ketika terserang penyakit flu sangat tidak disarankan membuang ingus terlalu keras dari hidung.

4. Sinus, pada beberapa kondisi tertentu penderita sinus dapat mengalami gejala mimisan. Jika gejala yang terjadi adalah keluarnya darah yang mempunyai warna yang gelap dan juga mengeluarkan bau tidak sedap sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter sebagi bentuk pertolongan pertama, gejala ini timbul karena adanya infeksi atau tumor.

5. Tekanan darah naik, gejala mimisan juga bisa terjadi pada seseorang yang tekanan darahnya naik seperti pada wanita hamil. Ketika gejala ini timbul sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter sehingga penderita tidak mengalami tekanan mental, namun gejala mimisan ini juga dapat terjadi pada wanita yang tidak hamil ataupun pada pria.

6. Menderita Sakit Tertentu, pada penderita penyakit tertentu juga dapat menyebabkan mimisan seperti pada seseorang yang menderita penyakit leukeumia namun pada saat ini penderita leukeumia sudah bisa mengatasi mimisan dengan obat tertentu. Apabila gejala mimisan disertai muntah darah sebaiknya penderits segera menghubungi dokter dan mengkonsultasikannya.

Cara Mengatasi Mimisan

Setelah mengatahui gejala mimisan, selanjutnya kita harus tahu bagaimana cara mengatasi mimisan atau cara mengobati mimisan agar tidak terjadi mimisan terus menerus baik pada anak ataupun mimisan yang terjadi pada orang dewasa. Dibawah ini merupakan cara mengatasi gejala mimisan pada seseorang :

1. Ketika seseorang menderita mimisan biasanya akan mengalami kecemasan atau tekanan mental, namun sebenarnya seseorang yang menderita mimisan tidak perlu cemas dan tetaplah tenang.

2. Suruhlah penderita mimisan untuk duduk, tidak dianjurkan untuk tidur telentang karena dapat menyebabkan aliran darah kedalam hidung menjadi lebih banyak.

3. Penderita dianjurkan untuk bernafas dengan mulit sembari agak membungkukan bagian badan sedikit ke depan.

4. Penderita gejala mimisan bisa menekan cuping hidung beberapa menit agar alira darah menjadi menggumpal, atau jika mimisan terjadi pada Anak cuping bisa ditekan oleh orangtua atau siapa saja.

5. Agar aliran darah yang mengalir dari hidung menjadi lambat pada bagian hidupnya bisa diberikan kompres dingin.

6. Jika pada tahap sebelumnya telah dilakukan naumn darah tetap saja keluar maka bisa melakukan cara sebelumnya yaitu menekan cuping hidung selama beberapa menit.

7. Jika darah masih juga keluar dari hidung maka dianjurkan untuk membawa ke dokter atau ke rumah sakit terdekat. Dengan melakukan pertolongan pertama maka resiko semakin parahnya gejala mimisan dapat diminimalkan.

Namun semua gejala mimisan tidaklah mengindikasikan adanya penyakit parah yang mungkin diderita oleh seseorang, jika ingin mengetahui penyebab mimisan lain dan cara mengatasi mimisan secara rinci dan jelas kita bisa berkonsultasi dengan tenaga medis sehingga gejala mimisan bisa cepat teratasi dan penyebab mimisan segera diketahui.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel