-->

5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi

Cara merawat dan menjaga kesehatan gigi5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi - Memiliki gigi kuat dan sehat merupakan impian setiap orang. Gigi merupakan salah satu bagian terpenting dalam membantu proses pencernaan. Dalam proses pencernaan gigi merupakan tempat pertama dan utama untuk mencerna makanan. Di sini makanan akan di haluskan sehingga memperingan kerja lambung.

Banyak orang tidak begitu memperhatikan kesehatan gigi, padahal gigi dapat dijadikan sebuah indikator kesehatan seseorang. Menurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90 persen penduduk sebuah negara yang mengalami gigi berlubang. Dan gigi berlubang adalah “investasi untuk penyakit-penyakit kronis,” jelas Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. Nah sudah jelas bukan bawa gigi merupakan salah satu bagian vital dari tubuh yang harus kita jaga. Lalu bagaiman cara merawat dan menjaga kesehatan gigi?

5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi


1. Jahuilah makanan yang terlalu manis

Makanan manis

Makanan yang mengandung gula tinggi beresiko menimbulkan gigi berlubang. Makanan manis tersebut akan mengendap di dalam sela-sela gigi dan merupakan tempat berkembang biaknya bakteri yang akan merusak gigi anda. Tidak hanya itu saja makanan yang terlalu banyak mengandung gula, beresiko untuk terserang penyakit diabetes. Sebenarnya kita boleh memakan makanan yang manis namun harus dengan takaran tertentu, jangan terlalu banyak.


2. Biasakan menyikat gigi minimal 2 kali sehari

Menggosok gigi

Kita harus membiasakan menyikat gigi 2 kali sehari agar sisa-sisa makana dalam sela-sela dapat terangkat sehingga gigi tetap bersih. Namun lebih baiknya lagi dengan menambah 1 kali ketika sebelum tidur dikarenakan kondisi mulut ketika seseorang dalam tidur bakteri dalam mulut lebih cepat berkembang biyak. Dapat disimpulkan waktu yang paling tepat untuk menggosok gigi ketika pagi, sore dan malam hari sebelum tidur.


3. Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi

Dokter gigi

Waktu paling tepat untuk pergi ke dokter gigi adalah enam bulan sekali, namun dari fakta sekarang ini sangat jarang orang pergi kedokter gigi bahkan ada beberapa orang yang belum pernah sekalipun pergi ke dokter gigi. Langkah ini berfungsi untuk mendiagnosa penyakit-penyakit berbahaya yang berhubungan dengan gigi.


4. Hindarilah kebiasaan meroko

Hindari rokok

Merokok dapat merusak kesehatan maupun estetika gigi. Biasanya orang yang sering merokok dapat diketahui dari warna gigi yang putih kekuning-kuningan. Kandungan nikotin dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan gigi, kemungkinan terburukpun dapat terjadi yaitu terkena penyakit kanker. Maka dari itu kita harus menghindari aktivitas yang satu ini.


5. Menggunakan dental floss

Dental floss

Dental floss atau sering disebut benang gigi yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi (inter dental area). Dental floss identik dengan orang menengah ke atas yang tinggal di kota. Ya... kebanyakan dental floss digunakan oleh orang menengah keatas di daerah perkotaan. Mengapa begitu? Jujur saja saya tinggal di pedesaan dan saya melihat belum ada satu orang pun yang menggunakan dental floss ini.

Itulah 5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi. Perlu dingat mencegah lebih mudah daripada mengobati. Bayangkan apabila gigi kita rusak kita tidak dapat memperbaharuinya kembali karena gigi tidak bisa tubuh lagi. Masalah pun akan bermunculan dengan munculnya bau mulut. Untuk itu kita harus merawatnya sebelum terlambat.

Semoga artikel yang anda baca bermanfaat, tidak ada salahnya untuk bookmarks halaman ini dan anda bisa menyebarkan ke teman dan kerabat anda bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan gigi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi"

  1. alamdulillah saya tidak suka merokok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur kalau begitu, pertahankan terus, terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. saya malah belum tau seperti apa dental floss itu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dental floss bentuknya seperti benang, gunanya untuk membersihkan makanan di sela-sela gigi.

      Delete
  3. saya rutin mengosok gigi tapi masih merokok ap bisa membuat gigi saya sehat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum bisa dikatakan sehat, mungkin tidak hanya gigi namun organ lain seperti paru-paru juga akan rusak, mending dihentikan aktivitas rokoknya

      Delete
  4. Makin rajin menyikat gigi makin baik ya gan.. terus kebiasaan merokok yang agan sampaikan.. itu bener2 ga ada untuknya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu sering gan, yang paling baik tuh 2-4 kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan.

      Delete
  5. kontrol ke dokter gigi yang blom sempet , mkasih infonya sob

    ReplyDelete
  6. Gan kalau menggosok gigi satu kali sehari apakah dapat membuat gigi tetap sehat?
    qnc jelly gamat

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel