-->

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi KesehatanBahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan - Di era moderen ini banyak macam makanan yang dapat di konsumsi secara instant untuk memenuhi kebutuhan Anda termasuk makanan ringan. Apa sih makanan ringan itu?

Makanan ringan, camilan, atau kudapan (bahasa Inggris: snack) adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Wekipedia

Namun di waktu ini juga banyak makanan yang mengandung bahan-bahan kimia tambahan yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi pengonsumsi kebanyakan adalah anak-anak yang sedang mengalami tumbuh kembang. Setelah membaca artikel ini pastikan Anda bagi yang punya anak untuk mengatur pengkonsumsian makanan ringan yang berlebihan karena hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhannya. Lalu mengapa makanan ringan berbahaya bagi kesehatan?


Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan


1. Monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih sering dikenal vetsin berguna untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan:
  • Dapat mengakibatkan penyakit Asma
  • Mengalami sakit kepala
  • Menurunkan daya ingat
  • Kesulitan untuk tidur
  • Merasa ketagihan
  • Dan kemungkinan terburuk adalah menyebabkan penyakit kanker
Sebenarnya kita boleh-boleh saja menggunakan bahan tersebut, namun harus sesuai takaran.

2. Aspartam

Aspartam bisa ditemukan hampir di setiap kemasan makanan ringan. Bahan yang satu ini merupakan bahan kimia beracun yang diproduksi oleh perusahaan Monsanto. Aspartam telah banyak beredar di dunia tanpa terkecuali Indonesia yang biasa digunakan untuk bahan pengganti gula. Bahaya yang dapat timbul akibat pengkonsumsian yang terlalu berlebihan:
  • Memicunya penyakit limfoma
  • Resiko besar untuk terkena leukimia
  • Dapat menyebabkan kanker
3. Pewarna makanan

Pewarna makanan merupakan salah satu bahan yang harus selalu ada di setiap makanan ringan. Mengapa begitu? Ya... karena dengan bahan tersebut dapat menarik anak-anak maupun orang yang melihatnya. Namun di balik itu terdapat efek buruk yang dapat mengancam kesehatan seperti:
  • Mengganggu fungsi hati
  • Menimbulan iritasi pada kulit
  • Termasuk kedalam kasinogenik sehingga dapat memicu terjadinya penyakit kanker
4. Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat

Kedua bahan di atas berfungsi untuk mengawetkan makanan. Bahaya dari Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat dapat menyebabkan:
  • Kerusakan tiroid
  • Memicu terjadinya kanker
Itulah Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan. Kesehatan merupakan anugrah terbesar dari Tuhan Yang Maha Esa, jadi semaksimal mungkin kita harus menjaganya. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan"

  1. makanan ringan atau snack saat ini, kandungannya bermacam-macam..dan kebanyakan mengandung zat-zat kimia dan perasa sintetis..jadi memang bisa membahayakan kesehatan...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  2. Sudah banyak sekali makanan ringan yang ada di toko2 dan gambarnya yang membuat anak2 tertarik :(

    Orang tua mesti ekstra hati2 dalam memilih makanan untuk anak nih :)

    ReplyDelete
  3. waaah, bener banget gan, apalagi pengawet sama pemanis buatan tuh.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih. ini sangat penting sekali bagi saya dan adik2 saya dan orang lain banyak sekali bahaya² yang mengosumsi kebanyakan makan chiki terimakasih atas info nyaa

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel