-->

10 Makanan Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak

Makanan yang bagus untuk kecerdasan otak10 Makanan Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak - Makanan yang sehat adalah makanan yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh kita tidak terkecuali untuk otak. Ingin meningkatkan kecerdasaan otak Anda? Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan sebuah pilihan yang tepat. Terkadang orang tidak begitu peduli terhadap makanan yang mereka makan, asal kenyang sudah cukup. Kita harus merubah pola hidup kita dengan mementingkan manfaat yang akan diperoleh ketika kita mengkonsumsi sesuatu.

Di sini saya akan memberikan sebuah saran bagi Anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak dan ini juga sangat penting untuk anak. Meskipun kecerdasan anak banyak dipengaruhi oleh faktor internal seperti genetika, namun kita jangan meremehkan faktor eksternal termasuk pada aktivitas fisik, stimulasi, dan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Untuk itu makan-makanlah sesuatu yang bermanfaat. Lalu apa sajakah makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

10 Makanan Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak


1. Salmon

Ikan yang satu ini kaya akan lemak dan merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 (DHA dan EPA) yang berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga kecerdasan otak. Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 mampu berfikir lebih tajam dan mampu memperoleh hasil yang baik saat uji kemampuan. Konsumsilah salmon secara rutin terhadap anak anda sehingga kecerdasaan pun dapat meningkat.

2. Telur

Tidak asing bukan dengan makanan yang satu ini? Ya... telur kaya akan protein yang baik terhadap kecerdasan otak, kandungan DHA juga berfungsi besar untuk menjaga komunikasi neuran yang lebih baik. Perlu diketahui juga bahwa kuning telur mengandung kolin yang berperan untuk membantu perkembangan daya ingat. Disamping harganya yang terjangku dan mudah ditemukaan, makanan ini juga sangat enak dan cocok dikonsumsi.

3. Sayur-sayuran

Memang tidak ada matinya membicarakan soal manfaat sayur-sayuran. Salah satu fungsi nyata mengkonsumsi sayur-sayuran adalah mengandung antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit, di samping itu dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak.

4. Kacang-kacangan

Selain ikan, kacang-kacangan juga menjadi sumber terbesar penghasil omega 3. Ya... sudah dikatakan di atas bahwa omega 3 berperan besar untuk meningkatkan dan menjaga kecerdasan otak. Kacang-kacangan juga kaya akan vitami E dan asam lemak esensial yang berfungsi untuk memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga kesehatan otak pun terjaga.

5. Susu dan yogurt

Kedua minuman ini kaya akan vitamin B dan protein. Kedua jenis nutrsi tersebut berperan besar dalam membantuk pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter. Manfaat lainnya adalah memberikan karbohidrat yang apabila kita mengkonsumsinya akan menjadi sumber energi bagi tubuh.

6. Tomat
Tomat memiliki kandungan likopen yang berfungsi untuk menjaga dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Selain itu likopen juga berperan dalam menjaga otak dari kerusakaan akibat stres oksidatif. Dengan ini menghindarkan pengkonsumsi dari penyakit Alzheimer. Baca juga manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh.

7. Oat atau Oatmeal

Oatmeal atau lebih sering dikenal Oat merupakan sebuah sereal yang trend dikalangan anak. Kandungan yang terdapat pada Oat seperti:
  • Seng
  • Potasium
  • Vitamin B
  • Vitamin E
Semua kandungan di atas sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu juga berfungsi untuk membuat tubuh menjadi prima.

8. Gandum

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, gandung juga merupakan salah satu bahan pokok yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan otak karena mengandung vitamin B.

9. Coklat

Rasanya yang manis ketika sudah diolah membuat banyak anak-anak suka mengkonsumsi makanan yang satu ini. Namun alangkah lebih baik kita mengkonsumsi coklat asli. Coklat asli sendiri terbuat dari 60% kako yang mengandung flavanol yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Penelitian mengungkapkan bahwa coklat dapat mencegah penurunan kongnitif dan dimensia.

10. Buah berry

Buah berry memiliki banyak jenis seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry yang banyak mengandung nutrisi penting bagi kesehatan. Di sini kita mengambil blueberry sebagai contoh. Blueberry memiliki buah bewarna biru yang sangat baik dikonsumsi untuk mengingkatkan kecerdasan otak. Namun sayang buah ini sangat sulit ditemukan dan harganya pun sedikit menguras kantong.

Itulan 10 Makanan Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak. Memiliki kecerdasan yang tinggi merupakan impian setiap orang bukan? Nah... mulai dari sekarang konsumsilah makan-makanan yang telah saya paparkan di atas. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanafaat.


Buah bulat kecil yang berwarna biru ini menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Sangat diperkaya dengan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk memberdayakan otak. Mengkonsumsi rutin blueberry sangat dikenal bisa meningkatkan daya ingat serta menunda berkurangnya memori karena faktor usia. Studi yang telah dilakukan dengan buah ini juga menunjukkan bahwa antioksidan didalamnya bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas, dan menurunkan stres oksidatif yang sangat mempengaruhi otak. - See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/makanan-yang-bagus-untuk-kecerdasan-otak.html#sthash.Ej8v6ZU0.dpuf
Buah bulat kecil yang berwarna biru ini menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Sangat diperkaya dengan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk memberdayakan otak. Mengkonsumsi rutin blueberry sangat dikenal bisa meningkatkan daya ingat serta menunda berkurangnya memori karena faktor usia. Studi yang telah dilakukan dengan buah ini juga menunjukkan bahwa antioksidan didalamnya bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas, dan menurunkan stres oksidatif yang sangat mempengaruhi otak. - See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/makanan-yang-bagus-untuk-kecerdasan-otak.html#sthash.Ej8v6ZU0.dpuf
bisa membantu mencegah penurunan kognitif dan demensia. - See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/makanan-yang-bagus-untuk-kecerdasan-otak.html#sthash.Ej8v6ZU0.dpuf
dari 60% kakao (dark chocolate) merupakan sumber gizi yang baik, terutama bagi otak. Kakao merupakan sumber flavanol yang baik, yang memiliki potensi untuk menjaga kesehatan otak - See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/makanan-yang-bagus-untuk-kecerdasan-otak.html#sthash.Ej8v6ZU0.dpuf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "10 Makanan Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak"

  1. lengkap sekhali nich makanan untuk kecerdasan otak nya. bisa jadi referensi hidup sehat nic :)

    ReplyDelete
  2. cuman ikan salmon nih yg belu pernah ngrasain mas

    ReplyDelete
  3. mengkonsumsi telur tidak hanya membantu kita mencukupi kebutuhan protein tapi juga meningkatkan kecerdasan otak.

    ReplyDelete
  4. Jadi pingin ncip salmon nih mas
    Udah lama juga soalnya gak nyoba :)

    ReplyDelete
  5. Memang ikan termasuk makanan otak kita, semoga kita makin cerdas dengan makanan tersebut di atas, aamiin.

    ReplyDelete
  6. cocok nh buat yang kinerja otaknya makin melambat karena faktor umur

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel