-->

5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat buah tomat bagi kesehatanBuah tomat menyimpan banyak manfaat dan khasiat tersembunyi bagi kesehatan tubuh. Buah dengan nama latin Solanum lycopersicum merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Memiliki bentuk bulat bewarna merah saat matang menarik banyak orang untuk mengkonsumsi buah ini.

Tomat banyak tumbuh di Indonesia, harganya pun sangat terjangkau. Walaupun harganya murah tetapi memiliki kandungan gizi di dalamnya sangat baik terhadap tubuh seperti vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Lalu apa sajakah manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh?


5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan


1. Memperlancar metabolisme serta melindungi organ-organnya
Kaya akan serat alami membuat buah tomat dapat memperlancar proses metabolisme dan mampu melindungi organ-organ pencernaan.

2. Menjaga kesehatan kulit
Tomat memiliki kandungan likopen yang berfungsi untuk menjaga dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.

3. Menjaga kesehatan mata
Vitamin A yang terkandung dalam buah tomat mampu menjaga kesehatan mata. Mata membutuhkan vitamin A untuk membentuk sistem penglihatan yang baik, vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Jika mata anda kekurangan vitamin A maka mata anda menjadi tidak sehat, misalnya gangguan penglihatan. Vitamin A juga banyak di temui di buah pepaya

4. Mencegah kanker
Buah tomat mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Tidak hanya itu saja, buah ini memiliki kandungan likopen yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh sehingga dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker. Dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

5. Mencegah penyakit diabetes
Kandungan kromium dalam buah tomat dapat mensetabilkan dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit diabetes pun dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah ini.

Buah tomat sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jus. Lalu bagaimana cara membuat jus tomat?

Resep Membuat Jus Tomat

Resep membuat jus tomat
Jus tomat
  • Siapkan sekitar 4 buah tomat yang sudah matang kemudian cuci hingga bersih
  • Potong kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam blender
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon
  • Tambahkan air putih secukupnya dan blender hingga halus
  • Jus tomat telah jadi dan pindahkan ke dalam gelas, untuk menambah rasanya tambahkan madu di atasnya

Itulah 5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan. Walaupun harganya yang murah namun khasiat dan manfaatnya berbanding terbalik. Buah tomat memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengkonsumsi buah ini. Apabila artikel yang sedang anda baca dirasa bermanfaat, tolong sebarkan sehingga teman kita bisa mengetahui tentang manfaat buah tomat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan"

  1. Wah kalau tomat saya sukanya di jus mas, atau di sambal.. Hmhmm puasa puasa ngebayangin jus tomat jd ngiler saya mas.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas, saya sukanya di jus dan dibuat sambal. Terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. banyak juga ya manfaat tomat..bahkan kanker dan diabetes juga bisa diatasi dengan buah ini,
    luarbiasa...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  3. tomat bisa mencegah diabetes juga ya kang...konsumsi sebanyak banyaknya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan banyak-banyak gan, bisa kenyang nanti, hehe

      Delete
  4. ternyata bisa mencegah kanker juga yamas

    ReplyDelete
  5. paling demen sambel tomat..kira2 khasiatnya apa masih sama dg dijus..ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sama gan khasiatnya, kan bahan dasarnya juga sama dan tanpa melalui proses pemanasan. Beda lagi khasiatnya apabila di kukus atau digoreng.

      Delete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel