-->

4 Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Anda Ketahui - Menurut Humas Universitas Indonesia dari hasil survei kesehatan nasional 90 persen penduduk indonesia mengalami sakit gigi dan mulut yang bersifat agresif kumulatif. Dengan tinggina angka ini menjadi bukti kurangnya kesadaran penduduk indonesia untuk menyikat gigi, salah satu penyebab sakit gigi yang paling ramai adalah gigi berlubang, bahkan google yang menjadi situs nomor satu dunia memberi sugesti kata kunci untuk pencarian kata “OBAT” maka secara otomatis kita diberikan kata kunci yang paling banyak dicari salah satunya “Obat Sakit Gigi nah ada beberapa penyebab gigi berlubang penyebab sakit gigi tentunya yang harus anda ketahui di antaranya:

Makanan-makanan yang manis

Makanan manis adalah salah satu penyebab gigi berlubang yang diawali oleh Flek hitam yang memakan sari dari makanan manis, sehingga flek akan semakin menebal dan merusak gigi dengan semakin cepat, opini tentang makanan manis dapat menyebabkan gigi berlubang memang benar adanya di tambah lagi jika anda tidak menyikat gigi dengan benar, beberapa jenis bakteri mulut yang pintar malah bisa menggunakan gula yang ada di mulut dari makanan sebagai lem untuk memperkokoh menempelnya bakteri itu pada gigi. Hal ini yang mempersulit air liur untuk membersihkan sisa dari makanan manis, dan juga mempersulit kita membersihkannya dengan sikat gigi.

4 Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Anda Ketahui


Terlalu seringnya kita makan dan minum

Kembali lagi kepada bakteri yang menempel di dinding gigi yang akan semakin extra melubangi gigi ketika mendapatkan zat untuk mereka makan, dan membuat mereka cepat tumbuh berkembang semakin besar dan banyak, apalagi jika kita suka ngemil di tengah malam dan lupa menggosok gigi saat akan pergi tidur, maka bakteri di saat anda tidur akan berlipat ganda saat anda tidur, dan mulut sedang berisirahat.

Kurangnya fluoride di dalam mulut

Fluoride adalah salah satu subtansi yang dapat melapisi dinding gigi agar lebih resisten terhadap serangan bakteri yang mengakibatkan keroposnya gigi, fluoride juga mendukung remineralisasi. Kurangnya fluoride dapat mempermudah bakteri membuat kerusakan pada gigi dan gusi, hal ini diperkuat dengan penelitian yang meneliti lebih dari 42.000 anak di bawah umur 16 tahun ternyata anak yang menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluride menurun 24% di bandingkan dengan anak yang tidak menggunakan pasta gigi ber-fluoride, maka dari itu banyak produsen pasta gigi yang menambahkan zat fluoride sebagai bahan utama.

Menggunakan kawat gigi atau aksesoris lainnya

Menggunakan kawat gigi dan aksesoris lainnya bisa membuat bakteri gampang menempel ke sela-sela kawat gigi. Diperparah lagi bakteri akan senang jika banyak makanan menempel ke kawat gigi, dan lalu memakannya. Apalagi jika kita tidak menggosok gigi dengan baik, salah satu kegiatan sangat penting adalah menyikat gigi setiap hari dari frekuensi waktu 2 sampai 5 kali sehari.

Lubang pada gigi biasanya di ketahui jika kita menyadari telah terjadi lubang besar pada geraham, mengapa demikian? Karena saat gigi berlubang setelahnya di susul sakit gigi, dengan adanya hal ini kita baru menyadari adanya lubang pada gigi, gigi berlubang lebih cenderung mengalami sakit gigi, hal ini di akibatkan karena tidak adanya serabut email dalam gigi, baru setelah asam menyerang email maka saat itu anda akan merasa sakit gigi.
Pertanda munculnya lubang pada gigi sangat bervariasi, saat makanan menempel ke gigi mungkin anda akan mulai menyadarinya, adanya plak hitam pada gigi, mulai merasa sakit pada gigi, semua adalah tanda-tanda gigi anda mulai berlubang. Jika gigi anda ngilu saat mengkonsumsi makanan panas atau saat minum minuman dingin itu tandanya gigi anda sensitif dan hal ini salah satu tanda-tanda gigi anda mulai keropos yang mungkin kekurangan fluoride. Mulai saat ini saya anjurkan untuk menyikat gigi dengan benar, dalam 2-5 kali sehari. Demikian artikel 4 penyebab gigi berlubang yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel