-->

Cara Mencegah dan Mengobati Timbulnya Gusi Bengkak


Cara Mencegah dan Mengobati Timbulnya Gusi Bengkak - Gusi biasanya bengkak itu berarti terjadi inflamasi atau peradangan pada gusi, sehingga gusi menjadi lebih merah dari biasanya dan kemerahan ini terletak di area gusi yang bengkak, juga menonjol dan biasanya terdapat titik kuning yang tanda adanya nanah. Dengan adanya gusi yang bengkak dan nanah yang tumbuh rasanya seperti akan meledak, berdenyut-denyut dan nyeri di gusi, hal ini mengakibatkan tidak nyamannya kita saat makan atau berbicara. Bahkan yang bikin malu pipi kita bias melembung seperti sedang menghisap permen yang tak habis-habis.

Cara Mencegah dan Mengobati Timbulnya Gusi Bengkak

Berikut beberapa penyebab gusi bengkak yang harus kamu ketahui.

·         Infeksi

Infeksi di sebabkan oleh oral thrus, yang merupakan nama lain dari jamur alami yang biasa di sebut jamur candida, jamur dan virus ini dapat membuat lubang di gusi dan membuat infeksi. Virus (Herpes) bahkan bias menyebabkan herpes akut yang biasa di sebut Gingivomatitis.

·         Kawat Gigi

Nah, yang satu ini banyak yang tidak tahu ternyata salah satu penyebab gusi bengkak itu Karena kawat gigi atau behel, dikarenakan jika terlalu rapat pemasangannya maka gusi menjadi sulit bergerak dan membuat luka gores secara terus menerus sampai membuat iritasi dan jamur virus mudah masuk sehingga gusi menjadi bengkak.

·         Malnutrisi

Penyakit Scuvy yang di sebabkan kurangnya Vitamin C, Vitamin C memiliki andil besar dalam merekontruksi gigi dan gusi, maka jika kadar Vitamin C kita kurang dapat menybabkan penyakit Scuvy, Scuvy sendiri dapat menyebabkan anemia dan penyakit gusi. Tak heran jika kita kekurangan Vitamin C maka gusi kita mudah tergores bahkan hanya dengan menyikat gigi saja.

·         Kehamilan

Gusi bengkak dapat terjadi saat kehamilan, hal ini di pengaruhi dengan Hormon tubuh selama hamil yang meningkatkan peredaran darah di gusi. Peningkatan aliran darah tersebut dapat membuat gusi menjadi lebih mudah teriritasi dan kemudian gusi menjadi bengkak. Perubahan Hormon ini biasanya juga mempengaruhi tubuh dalam melawan bakteri, hal ini dapat meningkatkan resiko terkenanya gingivitis.

·         Gingivitis

Gingivitis atau radang gusi ini hal pertama yang sering membuat gusi menjadi bengkak, banyak orang yang ternyata mengalami gingivitis yang sedikit-sedikit gusi berdarah saat makan bahkan cuma berbicara, hal ini sangat menggau seseorang yang sedang berbicara dengan kita melalui panddangan. Penyebab ini paling sering karena kurangnya kebersihan mulut sehingga bakteri dan virus terus bersarang di dalam mulut dengan bergerombol dan membuat gusi menjadi lembek dan mudah iritasi. Adanya gingivitis menyebabkan sulitnya membersihkan karang gigi saat kita sedang sikat gigi, biasnya tidak dapat di hilangkan dengan flosis dan sikat gigi saja maka bakteri dengan mudah menusuk-nusuk gusi dan masuk ke gusi dan gusi menjadi bengkak.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Semua Masalah Di Atas Seputar Bengkaknya Gusi.

·         Seringlah menggunakan obat kumur.

Obat kumur bisa di buat sendiri dari garam dan air hangat, dan berkumurlah 3 kali sehari untuk mencegah dan mengobati gusi yang bengkak. Garam sangat efektf untuk membunuh dan membersihkan bakteri dan virus di dalam rongga mulut, gusi dan gigi.

·         Merangsang Produktifitas air liur

Lakukan banyak minum air mineral agar rongga mulut menjadi sering basah dengan tujuan utama agar produktifitas air liur kita menjadi meningkat dan membuat bakteri dan virus menjadi mati yang menjadi penyebab gusi bengkak.

Membuat Sendiri Obat Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

  • 1.  Bayam Duri: Panaskan bayam duri di atas genting dan tumbuk sampai halus, gunakanlah seperti salep oleskan pada gusi bengkak.
  • 2.     Asam Jawa: Di gunakan bijinya dan sangrai beberapa menit, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan di gigi untuk membersihkan karang gigi.

Nah, di atas adalah Cara Mencegah dan Mengobati Timbulnya Gusi Bengkak, maka jagalah kesehatan mulut kita. Agar nyaman untuk makan dan berbicara. Jika dalam 2 hari tidak kunjung sembuh segeralah bawa ke Dokter Ahli.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencegah dan Mengobati Timbulnya Gusi Bengkak"

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel