-->

6 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Buah rambutan memiliki manfaat dan khasiat terhadap kesehatan tubuh. Buah dengan nama latin Nephelium lappaceum memiliki buah yang terbungkus oleh kulit yang memiliki "rambut" di bagian luarnya (eksokarp). Ketika masih muda rambut dari rambutan bewarna hijau sedangkan ketika sudah masak bewarna kuning hingga merah. Bentuk dan rasanya yang unik membuat buah ini diburu banyak konsumen. 
Manfaat buah rambutan bagi kesehatan
Buah rambutan
Buah rambutan kaya akan zat besi, yang diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi mampu mencegah penyakit anemia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan harian fosfor bagi tubuh. Fosfor membantu menyaring kotoran dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel-sel yang telah rusak. Adapun manfaat buah rambutan bagi kesehatan.

6 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan


1. Mencegah penyakit kanker
Buah rambutan  mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Berdasarkan penelitian sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah rambutan, biji dan kulit memiliki antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Falavonoid berfungsi sebagai anti-kanker dan anti-inflamasi.

2. Mencegah sariawan
Dengan adanya vitamin C yang tinggi pada buah rambutan dapat mencegah penyakit sariawan. Bila kita mengkonsumsi 10 sampai 12 butir rambutan, maka kita telah mengkonsumsi 75 hingga 90 mg asam askorbat. Vitamin C juga banyak ditemukan di jeruk nipis.

3. Memperlancar proses pencernaan
Kandungan serat alami dan air yang tinggi mampu memberikan manfaat terhadap proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat mencegah resiko gangguan pencernaan seperti sembelit.

4. Mencegah penyakit anemia
Zat besi yang terkandung pada buah rambutan mampu mencegah penyakit anemia. Di samping itu sumber zat besi dalam buah rambutan dapat menghindarkan kita dari rasa pusing serta membuat seseorang tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja yang begitu padat. Zat besi juga banyak ditemukan di buah nangka.

5. Melindungi organ ginjal 
Kandungan fosfor dalam buah rambutan berfungsi nyata untuk menghilangkan berbagai kotoran yang terdapat di dalam organ ginjal anda. Dengan mengkonsumsinya membuat organ ginjal menjadi sehat.

6. Menurunkan berat badan secara alami
Buah rambutan memiliki kandungan kalori yang randah, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet.

Itulah 6 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan. Bentuknya yang unik ternyata memiliki khasiat dan manfaat nyata bagi kesehatan tubuh. Konsumsilah secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "6 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan"

  1. tanpa disadari, trnyata rambutan yg setiap musimnya ditunggu2 byk kegunaannya, benar th Mas..!, cocok buat memperlancar pencernaan,,klw makannya banyak..:):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas, terima kasih telah membaca 6 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Kalau berkunjung disini benar-benar hidup-sehat.blogspot.com. Semua yg bermanfaat bisa di dapatkan disini keren. Btw di tempatku sudah mau musim rambutan loh..

    ReplyDelete
  3. ternyata rambutan juga banyak manfaatnya ya gan.. asal jangan berlebihan saja. Contohnya saya, kalau berlebihan biasanya bibir jadi gatel-gatel.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya alergi ya gan? saya sendiri kalau makan terlalu banyak menjadi kenyang gan, hehe

      Delete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel