-->

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Manfaat lidah buaya bagi kesehatanManfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan - Takut tidak ketika mendengar kata lidah buaya? Jangan takut ini bukan lidah reptil buas yang anda bayangkan, ini adalah salah satu tumbuhan yang bisa dimanfaatkan manusia. Lalu apa sih sebenarnya lidah buaya itu?

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Wekipedia

Lidah buaya dapat dimanfaatkan dan berkasiat bagi kesehatan. Tanaman ini mengandung berbagai zat seperti Mannans Asetat, Polymannans, Antrakuinon dan berbagai Lektinmembuat yang tentunya bermanfaat bagi manusia. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri. Tidak mengherankan, bila tanaman yang satu ini dibudayakan banyak masyarakat.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang manfaat lidah buaya, kita harus tahu dahulu bagaimana kandungan tanaman yang satu ini.


Kandungan Lidah Buaya

  • Terdapat enzim yang bermanfaat untuk mencegah peradangan
  • Mengandung enzim yang baik terhadap pencernaan
  • Mengandung berbagai macam vitamin kecuali vitamin D
  • Mengandung 20 jenis asam amino
  • Terdapat zat saponi yang berfungsi untuk anti mikroba
  • Kaya akan mineral
Dilihat dari kandunganya saja, kita sudah terheran-heran betapa besar manfaat yang akan di peroleh ketika kita mengkonsumsi atau menggunakan tumbuhan ini. Lalu apa sajakah manfaat lidah buaya bagi kesehatan?

Disini kita akan membahas dua manfaat yaitu manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan bagi kesehatan.


Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan


1. Menghilangkan flek hitam

Menjadikan lidah buaya sebagai masker. Sudah terkenal sekali tanaman yang satu ini untuk digunakan dalam produk kosmetik kecantikan, salah satunya adalah untuk merawat rambut anda. Selain itu, lidah buaya juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan memarut atau menghaluskan lidah buaya. Setelah itu campurkan dengan minyak zaitun, oleskan di wajah anda sama seperti cara mengoleskan masker lainnya di wajah anda. Diamkan sampai kering atau kurang lebih sekitar 5 menit. Jika sudah bilas dengan air sampai bersih.

 2. Menghilang jerawat

Langkah yang sangat mudah untuk dilakukan. Caranya siapkan lidah buaya kemudian ambil bagian daging yang berlendir dan oleskan ke bagian wajah yang terkena jerawat. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Baca juga cara lain bagaimana menghilangkan jerawat secara alami.

3. Merawat kesehatan rambut

Merawat kesehatan rambut cukup dengan harga yang murah yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat bermanfaat bagi rambut dalam hal mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe dan juga dapat menggantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut. Caranya pun juga sangat mudah yaitu dengan menyediakan dua potong daun lidah buaya yang telah di cuci bersih, kemudian kupas dan oleskan bagian daging yang berlendir ke dalam kulit kepala lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya. Alangkah baiknya dilakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Merawat kesehatan kulit

Lidah buaya mampu mensuplay oksigen terhadap sel-sel kulit, sehingga kulit pun dapat terjaga. Merawat kesehatan kulit dengan lidah buaya bukan hal yang sulit, caranya siapkan lidah buaya yang telah di kupas dengan daging berlendirnya. Hancurkan daging dan oleskan ke bagian kuli anda sebelum anda tidur. Dipercaya juga bahwa lidah buaya dapat menjadikan seorang awet muda.

5. Menyuburkan alis

Anda mempunyai alis yang kurang lebat? Santai saja, lidah buaya dapat mengatsi semua itu. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya ke alis anda sebelum tidur, dan bersihkan di pagi harinya, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan


1. Mengobati diabetes

Lidah buaya mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga penyakit diabetes pun dapat terkontrol. Adapun cara yang dilakukan untuk mengobati penyakit diabetes adalah dengan mengkonsumsi lidah buaya secara teratur, caranya dengan merebus lidah buaya dengan air sebanyak tiga gelas, kemudian tunggu hingga air menguap menjadi satu setengah gelas. Konsumsi air hasil rebusan tadi sebanyak tiga kali sehari.

2. Mengobati luka

Tumbuhan yang satu ini dapat menyembuhkan luka seperti luka bakar, luka lebab dan luka dalam. Anda dapat memanfaatkan lidah buaya ini dengan mengambil dagingnya yang berlendir, kemudian tempelkan ke bagian yang terkena luka, rasanya pun dingin.

3. Melancarkan proses pencernaan

Pencernaan anda terganggu? Lidah buaya dapat menjadi salah satu solusi untuk mengobati gangguan pencernaan. Jangan biarkan gangguan pencernaan menyerang anda, karena dapat berujung pada timbulnya berbagai macam penyakit.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Lidah buaya mengandung glatin. Glatin sendiri memiliki fungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Selain itu tumbuhan ini dapat dijadikan sebagai alat detoksifikasi yang bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan senyawa yang terdapat pada lidah buaya mampu membunuh kuman-kuman yang terdapat yang terdapat dalam mulut sehingga kesehatan mulut pun terjaga. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga gusi.

Itulah Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan. Perlu diketahui juga walaupun lidah buaya memiliki lendir, namun lendir ini tidak lengket sehingga kita nyaman untuk menggunakanya. Memang benar-benar tumbuhan yang sangat bermanfaat. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanfaat.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan"

  1. saya biasa makan es lidah buaya, itu manfaatnya buat apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya adalah melancarkan proses pencernaan

      Delete
  2. memang gan, lidah buaya ini memiliku banyak sekali manfaatnya :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda yang Sopan Dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel